Cahaya Ilmu


Sebabagai mana yang disebutkan dalam syair arab bahwa     العلم نور (Al-ilmu Nuru)  yang artinya ilmu itu adalah cahaya. Syair ini jika dilihat sekilas hanya terdiri dari bebera kata, akan tetapi lain hak dengan makna yang dimiliknya, karena kalimat tersebut  mempunyai makna dan tujuan yang sangat berarti bagi para pelajar khususnya atau orang-orang yang sedang menuntut ilmu.

adapun bebera makna yang terkandung dalam kalimat tersebut adalah:

  • Ilmu Itu Adalah Cahaya, maksunya adalah ilmu itu berasal dari sang pencipta yang diberikan kepada   hambaya yang selalu senan tiasa menuntut ilmu.
  • Karna ilmu itu adalah cayaha dan asalnya dari sang maha pencipta (allah)  maka oleh kareana itu  ilmu  tidak akan  diberikan kepada orang yang selalu memasangkan cermin pada dirinya.

timbul pertanyaan mengapa demikian..?

jawabanya sederhana

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa sifat dari cermin adalah memantulkan cahaya, maka seperti itulah ilmu, apabila sampai kepada orang-orang yang memasang cermin pada diri mereka, maka ilmu tersebut dengan sendirnya akan memantul dari diri sendiri (tidak ada berkahnya).

Sekarang timbul lagi pertanyaan..

Apakah yang dimaksud dengan cermin yang ada pada diri itu?

jawabnya adalah:

Setiap manusia diciptakan pasti mempunyai kelebihan dan kekurangan, dan saya yakin bahwa sudah banyak di antara kita  menyadari hal itu, akan tetapi tidak sedikit juga dari kita sering tidak bersyukur atas semua itu.

langsunga saja.. pada permasalahan, adapun yang menjadi cermin atau pemantul (penghalang) ilmu masuk dengan baik dalam diri adalah:

  • Sifat Sombong
  • Dengki
  • dan segeala sifat yang tercelah dan dilarang oleh syariat agama

Setelah membaca penjelasan diatas anda tidak perlu hawatir, semua itu dapat kita atasi dengan sering berbuat baik serta beramal saleh.

Dan yang paling terpenting adalah jangan menyekutukan allah dengan sesuatu apapun

sekian semoga bermamfaat..